salam
oto gan…
Nah ane berbagi pengalaman lagi ni gan…kenapa
stelan katup bikin kinerja accu berat?? Apa hubunaganya? Naah…ternyata
mempengaruhi gan..ini adalah ukuran
katup vario 125 , In 0,16 mm -/+ 0,02 mm Ex 0,25 mm -/+ 0,02 mm.
kemarin ane sempet otak atik katup vario. Memang accu ane sudah lemah tapi buat
starter masih okelah hitunganya gan..nah ane iseng stel katup ane yang yang
mulanya standar In 0,16 mm -/+ 0,02 mm Ex 0,25 mm -/+ 0,02 mm
menjadi In 0,12 mm -/+ 0,02 mm Ex 0,40 mm. waw gila ya renggang sekali..tujuan
ane si biar mesin tidak cepat panas dan tariakan enteng makanya katup ex ane longgarin..pas ane
pasang strus ane double starter kok
mesin sukar hidup dan kedengeran berat starternya. Waktu itu ane fikir accu ane
sudah minta ganti. Setelah beberapa hari ane analisa kok mesin kalo di double
stater terdengar berat. Naah.. ternyata stelan katup ane tidak tepat gan.
Ketika katup ex di perlonggar di dalam ruang bakar pas mesin di akan hidupkan udara yang di hisap
dan di keluarkan oleh piston tidak seimbang hasilnya piston perlu tenaga
tambahan untuk membuang udara. Hal ini terjadi karena katup ex tidak terbuka
penuh karena pelatukya terlalu longgar. Memang jika putaran tinggi katup ex
dengan stelan renggang akan melatuk katup lebih dalam tapi jika di putaran
bawah atau mesin akan di hidupkan katup
hanya sedikit membuka. Jadi udara tidak bisa keluar dengan leluasa menjadikan
piston menjadi berat naah pada akhirnya ACCUnya yang terkena dampaknya gan.
Hati hati gan jika akan melakukan hal yang sama seperti ane accu agan cepat
jebol(tekor).
Akhirya ane putuskan
balikin ukuran katup ke standar lagi yaitu In 0,16 mm -/+ 0,02 mm Ex
0,25 mm -/+ 0,02 mm. hasilya pas di double starter langseng iciiikiwwwiiiir gaaan
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar