Minggu, 10 Mei 2015

stelan katup tidak tepat bikin kerja accu berat?


salam oto gan…
Nah ane berbagi pengalaman lagi ni gan…kenapa stelan katup bikin kinerja accu berat?? Apa hubunaganya? Naah…ternyata mempengaruhi gan..ini adalah ukuran  katup vario 125  , In 0,16 mm -/+ 0,02 mm Ex 0,25 mm -/+ 0,02 mm. kemarin ane sempet otak atik katup vario. Memang accu ane sudah lemah tapi buat starter masih okelah hitunganya gan..nah ane iseng stel katup ane yang yang mulanya standar  In 0,16 mm -/+ 0,02 mm Ex 0,25 mm -/+ 0,02 mm menjadi In 0,12 mm -/+ 0,02 mm Ex 0,40 mm. waw gila ya renggang sekali..tujuan ane si biar mesin tidak cepat panas dan tariakan enteng makanya katup ex ane longgarin..pas ane pasang  strus ane double starter kok mesin sukar hidup dan kedengeran berat starternya. Waktu itu ane fikir accu ane sudah minta ganti. Setelah beberapa hari ane analisa kok mesin kalo di double stater terdengar berat. Naah.. ternyata stelan katup ane tidak tepat gan. Ketika katup ex di perlonggar di dalam ruang bakar pas  mesin di akan hidupkan udara yang di hisap dan di keluarkan oleh piston tidak seimbang hasilnya piston perlu tenaga tambahan untuk membuang udara. Hal ini terjadi karena katup ex tidak terbuka penuh karena pelatukya terlalu longgar. Memang jika putaran tinggi katup ex dengan stelan renggang akan melatuk katup lebih dalam tapi jika di putaran bawah atau mesin  akan di hidupkan katup hanya sedikit membuka. Jadi udara tidak bisa keluar dengan leluasa menjadikan piston menjadi berat naah pada akhirnya ACCUnya yang terkena dampaknya gan. Hati hati gan jika akan melakukan hal yang sama seperti ane accu agan cepat jebol(tekor).
Akhirya  ane putuskan  balikin ukuran katup ke standar lagi yaitu In 0,16 mm -/+ 0,02 mm Ex 0,25 mm -/+ 0,02 mm. hasilya pas di double starter langseng iciiikiwwwiiiir gaaan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar