Salamm oto gan..
Kali ini ane akan
berbagi sedikit pengalaman tentang tugangan asal pabrikan bersayap semok edisi pertama biar tarikanya
tambah makyusss…yaps bener gan vario 125.
Sebenarya si ada banyak
cara biar si vario ini tarikannya tambah ngacir. Dari mulai uplek uplek pengapian,
penyesuaian bahan bakar atau uplek uplek bagian CVT. Nah bagian CVT ini gan
yang sebenarnya paling sensitif kalo di sentuh. Sebenarnya alangkah baiknya
agar semuanya di sesuaikan agar kinerja mesin bisa maksimal. Tapi kali ini ane
akan bahas bagian CVT nih karna menurut ane bagian ini yang paling kerasa kalo
di uplek uplek.
Nah ini gan alat yang
perlu di siapkan untuk uplek uplek CVT vario 125 :
- T 8
- Kunci Shock 19
- Kunci shock 17
- Penahan CVT
- Obeng(-)
- Palu plastik
Nah. Bagian awal buka
deh cover cvt dengan kunci T 8.. hati hati ya gan lepasakan mur demi mur dengan
perlahan agar tidak ngambek si varionya.
Nah pertama agan lepas primery sheave dengan menggunakan
kunci Shock 19, nah bagian ini yang awal
kita uplek uplek. Berat Roller vario yang standar adalah 18 gram. Ini membuat
tarikan awal vario menjadi berat. Ada
beberapa solusi dar ane agar lebih maknyuss…
Yang
pertama.
Jika
agan berdomisili di kota atau di dataran rendah agan bisa mengoplos berat
roller. Yang 3 roller bawaan asli yaitu 18 gram dan yang 3 lagi dengan berat 14
gram. Ingat ya gan pemasangan roller harus di selang seling agar kinerjanya
stabil. Tujuanya adalah rollel ringan agar tarikan bawah lebih ringan dan
roller yang lebih berat agar pas di putaran atas vario agan tidak loyo. :-D.
Yang
kedua
Jika
agan berdomisili di dataran rendah. Lebih baik agan mengganti roller yang
awalnya 18gr menjadi 14 gr. Tujuannya adalah ketika motor
nanjak mesin terasa
ringan, namun efek sampinya adalah ketika buat lari di trek lurus agak
loyo..semuanya ada efek positif dan negatifnya gan.
Setelah
bagian primery sheave sudah di uplek uplek sekarang bongkar yang belakang yaitu
bagian secondary sheave.
Bongkar
dengan kunci shock 17 gan. Bongkar semuanya. setelah semuanya di bongkar
Kemudian lepaskan bagian kanfasnya dan
ganti pegas kanfas sentrifugal dengan yang lebih elastis. Ini bertujuan
agar kanfas cepat mengembang tidak membutuhkan putaran tinggi, hasilnya ketika
kita buka gas sedikit motor kita sudah bisa jalan jadi tidak perlu ngeden
ngeden ngeden gan. Naah..manfaatya tariakan tambah mantaaaap dan irit bahan BBM
gan. Kemudian rangkai kembali CVTnya..jangan lupa rangkai sesuai dengan
prosedur agar komponen tidak ada yang
rusak. Selamat mencoba gan!
Salam
oto….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar