Minggu, 10 Mei 2015

Uplek uplek CVT agar vario 125 tambah ngacir



Salamm oto gan..
Kali ini ane akan berbagi sedikit pengalaman tentang tugangan asal pabrikan bersayap semok edisi pertama biar tarikanya tambah makyusss…yaps bener gan vario 125.
Sebenarya si ada banyak cara biar si vario ini tarikannya tambah ngacir. Dari mulai uplek uplek pengapian, penyesuaian bahan bakar atau uplek uplek bagian CVT. Nah bagian CVT ini gan yang sebenarnya paling sensitif kalo di sentuh. Sebenarnya alangkah baiknya agar semuanya di sesuaikan agar kinerja mesin bisa maksimal. Tapi kali ini ane akan bahas bagian CVT nih karna menurut ane bagian ini yang paling kerasa kalo di uplek uplek.
Nah ini gan alat yang perlu di siapkan untuk uplek uplek CVT vario 125 :

  1.    T 8
  2.  Kunci Shock 19
  3. Kunci shock 17
  4.  Penahan CVT
  5. Obeng(-)
  6. Palu plastik


Nah. Bagian awal buka deh cover cvt dengan kunci T 8.. hati hati ya gan lepasakan mur demi mur dengan perlahan agar tidak ngambek si varionya.
 Nah pertama agan lepas primery sheave dengan menggunakan kunci  Shock 19, nah bagian ini yang awal kita uplek uplek. Berat Roller vario yang standar adalah 18 gram. Ini membuat tarikan awal vario menjadi berat.  Ada beberapa solusi dar ane agar lebih maknyuss…
Yang pertama.
Jika agan berdomisili di kota atau di dataran rendah agan bisa mengoplos berat roller. Yang 3 roller bawaan asli yaitu 18 gram dan yang 3 lagi dengan berat 14 gram. Ingat ya gan pemasangan roller harus di selang seling agar kinerjanya stabil. Tujuanya adalah rollel ringan agar tarikan bawah lebih ringan dan roller yang lebih berat agar pas di putaran atas vario agan tidak loyo.  :-D.
Yang kedua
Jika agan berdomisili di dataran rendah. Lebih baik agan mengganti roller yang awalnya 18gr menjadi 14 gr. Tujuannya adalah ketika motor
nanjak mesin terasa ringan, namun efek sampinya adalah ketika buat lari di trek lurus agak loyo..semuanya ada efek positif dan negatifnya gan.
Setelah bagian primery sheave sudah di uplek uplek sekarang bongkar yang belakang yaitu bagian secondary sheave.
Bongkar dengan kunci shock 17 gan. Bongkar semuanya. setelah semuanya di bongkar Kemudian lepaskan bagian kanfasnya dan  ganti pegas kanfas sentrifugal dengan yang lebih elastis. Ini bertujuan agar kanfas cepat mengembang tidak membutuhkan putaran tinggi, hasilnya ketika kita buka gas sedikit motor kita sudah bisa jalan jadi tidak perlu ngeden ngeden ngeden gan. Naah..manfaatya tariakan tambah mantaaaap dan irit bahan BBM gan. Kemudian rangkai kembali CVTnya..jangan lupa rangkai sesuai dengan prosedur agar komponen tidak ada  yang rusak. Selamat mencoba gan!
Salam oto….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar